ig : Erixsyaifulr

Cara membuat daftar isi di Ms Word tidak manual


Nah pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis yaitu menggunakan Table of Content pada pembuatan makalah ataupun lainnya. Selama ini mungkin kita membuat daftar isi masih manual kan wkwk kita masih bikin titik-titik banyak dengan memencet tombol titik untuk membuat daftar isi. Nah langsung saja kali ini saya akan menjelaskan membuat daftar isi tanpa memencet tombol titik :), beginilah caranya :

  • Cara 1  Buka file atau dokumen yang telah anda buat, lalu buka di MS. Word 2007
  • Cara 2  Blok tulisan yang ingin Anda tampilkan dalam daftar isi, misalnya yang pertama kali Anda blok tulisan “BAB I. PENDAHULUAN”,
  • Cara 3   : Klik di menu Reference, pada Sub Menu Table of Contents klik di tulisan Add Teks nanti akan muncul pilihan mulai dari Level 1 sampai dengan Level 3. Silahkan Anda klik Level 1, Jangan kaget karena tulisan Anda akan bergeser ke sebelah kiri halaman dan tulisan akan berubah warna menjadi warna Biru. Anda bisa kembali menempatkannya ke bagian tengah dan mengganti warna tulisan menjadi hitam.


  • Cara 4 : Blok Sub Item dari Bab I tersebut misalnya “A. Latar Belakang
  • Cara 5 : Ulangi tahap 3 diatas, namun untuk Sub Item tersebut silahkan pilih Level 2. Begitu seterusnya untuk Sub Item lainnya.
  • Cara 6 : Ulangi semua tahap 2 sampai tahap 5 untuk Bab berikutnya.
  • Cara 7 : Silahkan buka halaman baru di file baru MS. Word atau buat halaman baru di  akhir tulisan (pilih yang Anda mau)
  • Cara 8 : Masih pada Menu Reference dan Sub Menu Table of Contents silahkan klik tulisan “Table of Contents” selanjutnya pilih pada “Automatic Table 1”


Nah kalau sudah nanti akan tampil daftar isi yang rapi seperti gambar dibawah walaupun tidak membuat titik-titik secara manual 


Jika sudah tampil dan misalnya kita melakukan perubahan pada dokumen kita tersebut, jangan lupa untuk mengupdate daftar isi yang telah kita buat sebelumnya , caranya yaitu

  • Pada References tab, Table of Contents group, klik Update Table. Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table

  • Klik :


  1. Update page numbers only, bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.
  2. Update entire table, bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading atau judul bab.
Nah setelah anda mengupdate maka daftar halaman yang sebelumnya kita lakukan perubahan akan terupdate sendiri tanpa mengganti angka pada daftar isi.

\
Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat , tengkiyu for reading.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Translate