ig : Erixsyaifulr

Serangan Pada Keamanan Komputer



1. LOGIC BOM


      Logic Bom adalah program komputer yang berada dalam sebuah komputer yang akan aktif apabila beberapa kondisi terpenuhi (biasanya berkaitan dengan waktu; jam, tanggal, dsb)
  • Cara Kerja Logic Bom 

      Cara kerja Logic Bom yaitu dengan menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi - kondisi tertentu dipenuhi. Contoh kondisi pemicu logic bom yaitu ada atau tidak adanya file tertentu dari minggu/tanggal, atau pemakai menjalankan aplikasi tertentu. Begitu terpicu, bomb mengubah / menghapus data atau seluruh file, menyebabkan mesin berhenti, atau kerusakan yang lain.
  •  Jenis - jenis Logic Bom
Biasanya peretas atau hacker mengunakan Logic Bomb untuk melakukan penghancuran data. Logic Bomb terdiri dari 3 jenis yaitu:
1.  Software Bomb
Bomb akan meledak apabila terpicu oleh suatu software yang ada dalam komputer korban.
2.  Logical / Condition Bomb
Bomb yang akan meledak apabila telah memenuhi kondisi tertentu.
3.  Time Bomb
Data-data dikomputer korban akan rusak pada waktu yang telah ditentukan.
  • Cara Pencegahan Logic Bom
      Logic Bomb sulit untuk dicegah karena mereka dapat digunakan dari hampir di mana saja. Seorang penyerang bisa menanam Logic Bomb melalui berbagai cara pada berbagai platform, seperti menyembunyikan kode berbahaya dalam naskah atau menyebarkan pada server SQL.
        Untuk melindungi system pribadi dapat dicegah dengan cara sebagai berikut :
  1.         Jangan men-download software bajakan, karna logic bomb dapat dengan didistribusikan oleh eksploitasi yang mempromosikan pembajakan perangkat lunak
  2. .      Hati-Hati dalam menginstal aplikasi shareware/freeware, pastikan anda mendapatkan aplikasi dari sumber yang terpercaya. Logic Bomb dapat tertanam dalam Trojan Horse. Oleh karena itu, waspadalah terhadap produk perangkat lunak palsu
  3.  Berhari-hatilah saat membuka lampiran email, lampiran email mungkin berisi malware seperti Logic Bomb.  Gunakan kehati-hatian ketika menangani
  4.        Jangan klik link web yang mencurigakan, mengklik link yang tidak aman dapat mengarahkan anda ke situs web yang terinfeksi oleh Logic Bomb
  5.        Selalu memperbaharui perangkat lunak antivirus anda, sebagian besar aplikasi antivirus dapat mendeteksi malware seperti Trojan Horse (yang mungkin berisi Logic Bomb). Konfigurasi perangkat antivirus anda tidak berisi file signature terbaru akan diberikan sia-sia terhadap ancaman malware baru.
  6.         Instal patch system operasi terbaru, tidak menjaga dan update system operasi akan membuat PC anda rentan terhadap ancaman malware terbaru. Gunakan fitur Pembaruan Otomatis pada Windows untuk secara otomatis men-download dan menginstal update kamanan Microsoft.
2. VIRUS


      Virus adalah Program komputer yang dapat menggandakan dan menyalin dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
  • Jenis - Jenis Virus
Jenis - jenis virus yaitu Trojan, Worm, Macrovirus, Direct Action Virus.
  • Cara Kerja Virus
Cara kerja virus yaitu mengkloning dengan cara tak terbatas atau menyembunyikan diri.
  • Jenis Serangan
Interruption, Intellegence, Skamming.
Virus menyebar melalui flashdisk, harddisk, email, dll
  • Cara Pencegahan
Cara mencegah virus yaitu dengan menggunakana antivirus yang terus di update, kalau bisa yang menggunakan jaringan internet , membuat back up file.

3. WORM

      Worm adalah (Cacing computer) Sebuah program komputer yang dapat menggandakan  diri secara mandiri dalam sistem computer.

  • Cara Kerja
Cara kerja worm yaitu dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Ia membuat copy dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya menggunakan hubungan jaringan) tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lainnya akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merusak file dan program.
  • Jenis - Jenis Worm
Jenis - Jenis dari worm yaitu ADMWorm, Code Red, Love Letter, Nimda , SQL-Slammer.
  • Cara Pencegahan
Ca mencegah worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut , dengan cara meng-update patch atau service pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau service pack yang paling baru.

4. TROJAN

        Trojan adalah sejenis virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman, misalnya dokumen Excel yang terlampir pada email.

  • Jenis - Jenis Trojan
Jenis - jenis trojan yaitu Pencuri password, keystroke logger/keylogger, Remote Administration Tools/RAT,  Zombie Trojan
  • Cara Kerja
       Cara kerja Trojan yaitu Trojan masuk melalui dua bagian, yaitu bagian client dan server. Jadi hacker kadang harus berjalan menanamkan trojannya di komputer korban ataupun memancing agar sang korban mengeksekusi/membuka file yang mengandung Trojan, namun ada juga Trojan yang langsung menginfeksi korbannya hanya dengan berbekal ip korban misalnya Kaht. Ketika korban (tanpa diketahui) menjalankan file yang mengandung Trojan pada komputernya, kemudian penyerang akan menggunakan client untuk koneksi dengan server dan mulai menggunakan trojan.
  • Cara Pencegahan
Cara pencegahan trojan yaitu dengan cara Task List, Netstat, dan TCPview

5. BACKDOOR


       Backdoor atau "pintu belakang", dalam keamanan sistem komputer menginstall trojan horse , merujuk kepada mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, selain dari mekanisme yang umum digunakan (melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya).

  • Jenis - Jenis Backdoor
1. ASP Shell
2. PHP Shell
3. CGI Telnet

  • Cara kerja Backdoor
        Sesuai namanya cara kerja backdoor cukup sederhana, yaitu dengan cara membukakan pintu belakang dan yang pasti secara diam-diam, pintunya biasanya berupa port, backdoor akan menanti si pembuat backdoor tersebut datang (menghubunginya). Apabila sang pembuat backdoor datang maka backdoor akan membukakan pintu lalu mempersilahkannya masuk dan melindunginya dari pengawasan keamanan, tentu setelah itu hacker (si pembuat backdoor) dapat melakukan apa saja yang dia inginkan dengan leluasa.
  • Cara Pencegahana
Cara mengatasinya serangan Backdoor yaitu kita harus sangat berhati - hati dalam menggunakan aplikasi perangkat lunak, karena beberapa developer perangkat lunak yang ada, mereka dengan sengaja menambahkan backdoor di dalam program atau aplikasi yang dibuatnya dengan maksud untuk mencuri data atau merusak komputer dari dalam. 

6. AUTO-ROOTER KIT (VIRUS GENERATOR)
Virus Generator adalah sebuah program atau aplikasi yang dibuat untuk membuat atau menggenerator virus, yang nantinya dikirim atau dimasukkan ke komputer lain.
  • Jenis - jenis Virus Generator
1. In Shadow Batch Virus Generator
Kemampuan:
     – Menginfeksi beragam ekstensi file populer
     – Mengaktifkan virus ketika start up
     – Mematikan berbagai proses dan service penting
     – Mengganti ekstensi file dan menyebarkanya melalui file sharing
     – Membuat account administrator baru, mengganti password administrator.
     – Mematikan komputer otomatis, mendownload files otomatis, dll

2. JPS Virus Maker
Kemampuan:
     – Mematikan regedit, task manager, MS Config dan beragam aplikasi yang membahayakan             kelangsungan hidup virus.
     – Menonaktifkan anti virus, wordpad, notepad, command prompt, dll
     – Menghiden drive, file, dan tombol-tombol penting seperti Shutdown, restart, logoff, dll
     – Mematikan monitor, memainkan mouser, membuka CD drive, dll

3. TeraBIT Virus Maker
Kemampuan:
        Memiliki beragam kemampuan seperti dua virus generator di atas.
  • Cara Kerja Virus Generator
          Cara kerja dari Generator tersebut sebenarnya sangat sederhana. Ia hanya menambahkan data yang Anda masukkan tadi ke bagian akhir file virus asli (data.ex_). Nantinya informasi tersebut digunakan oleh virus dalam proses infeksi.

  • Cara Pencegahan 
      Cara pencegahan virus generator yaitu dengan menggunanakn aplikasi antivirus yang sangat canggih dan bisa membersihkan secara tuntas komputer yang telah terinfeksi dan juga bisa melindungi komputer dari virus yang dibuat dengan Fast Virus Generator, yaitu dengan menggunakan aplikasi PC Media Anti Virus RC19.



7. SPAMMER AND FLOODER PROGRAM

      Spammer and Flooder Program yaitu , Spammer adalah orang yang membuat pesan elektronik yang tidak diinginkan dan mengirimkannya dalam jumlah besar (massal). Sedangkan Flooder Program yaitu orang yang melakukan Spammer ke delam sebuah program aplikasi atau komputer.

  • Jenis - Jenis Spammer and Flooder Program

1.  Surat Elektronik
      Spam surat elektronik yang dikenal sebagai surat elektronik massal yang tidak diminta (unsociated bulk email atau UBE), junk mail, atau surat elektronik (Unsociated Commercial Email atau UCE),adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk jumlah besar kepada siapa pun. 
2.      Pesan Instan
      Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. 
3.      Usenet Newsgroup dan forum
        Spam newsgroup adalah spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Spam ini sering masuk secara berulang dengan substansi pesan yang sama. Spam forum adalah  menciptakan spam berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum teridri dari link ke situs eksternal dengan tujuan selain meningkatkan visibilitas mesin pencari  d i daerah sangat kompetitif seperti penurunan berat badan, obat - obatang, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.
  • Cara Kerja 
          Cara kerja dari Spammer and Flooder Program yaitu dengan membuat informasi atau tampilan - tampilan yang kemudian dikirimkan atau dimasukkan ke dalam aplikasi atau program komputer.
  • Cara Pencegahan
1. Jangan membalas/merespon email yang dikirim oleh orang yang gak kita kenal. Lebih baik di delete aja.

2. Jangan memperlihatkan email utama anda di blog/website, facebook, twitter anda secara terbuka, nanti bisa jadi sasaran spammer.

3. Jangan pernah memberikan alamat email kita kepada situs yang tidak dikenal, jadi gunakan email cadangan aja.

4. Buatlah email lebih dari satu, jadi email utama anda bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting seperti tugas sekolah atau pekerjaan dll. Dan email cadangan anda bisa digunakan untuk mengisi formulir-formulir online yang ada di internet atau mendaftar di mailing list.


7. Gunakan software anti spam

8. Kalau di email anda punya fitur anti-spam, segera aktifkan untuk pencegahan. Biasanya email yang memiliki fitur ini seperti Yahoo, Gmail dan Hotmail.

8.ROOTKIT


Rootkit adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem informasi tempat dia bernaung.

  • Jenis - Jenis Rootkit
1. Aplication Rootkit
2. Library Rootkit
3. Bootloader Rootkit
4. BIOS Rootkit
5. Kernel Rootkit
6. Hypervisor Level Rootkit
  • Cara kerja Rootkit
Virus Rootkit ini bekerja layaknya hantu. Bekerja pada system tanpa diketahui keberadaannya, dan jika rootkit ini menyembunyikan malware, computer kamu bisa diserang tanpa kamu ketahui. Virus Rootkit (berisi malware) sangat sulit dideteksi secara akurat 100% dari program antivirus removal sekalipun. Untuk itu berhati – hatilah saat menancapkan falsdisk yang sudah terinfeksi Rootkit kedalam computer.
  • Cara Pencegahan
           Ada beberapa cara untuk membersihkan program jahat yang menggunakan rootkit pada kimputer yang telah terinfeksi, namun metode yang digunakan bergantung pada jenis rootkit yag menginfeksi, sehingga pembersihan bisa menjadi sulit apabila kita tidak bisa secara pasti mengetahui rootkit jenis apa yang sedang menginfeksi komputer kita.
           Untuk mendeteksi rootkit sebaiknya menjalankan komputer yang terinfeksi sebagai slave dan gunakan sistem operasi PE (preinstalled environment) atau liveCD untuk menginvestigasinya. Ada sangat banyak tipe sistem operasi LiveCD ini seperti DSL (Damn Small Linux) dan masih banyak lagi.
           Lakukanlah scanning menggunakan Anti-Virus yang mempunyai fitur Anti-Rootkit, saat ini hampir semua Anti-Virus mempunyai fitur Anti-Rootkit ada yang gratis dan ada yang berbayar.

9. ZOMBIE KOMPUTER

        Zombie Boot adalah komputer yang telah ditembus dan dibajak oleh pihak ketiga. Umumnya, proses zombifikasi ini terjadi melalui penyebaran malware, trojan, virus. 
  • Jenis - Jenis Komputer Zombi
1. DDOS
  • Cara kerja 
Cara kerja Zombi Komputer yaitu dengan terkenanya penyebaran malware, trojan, dan virus yang mengakibatkan proses zombifikasi.

  • Cara Pencegahan
1. Lakukan update software secara berkala
2. Jalankan program anti malware secara berkala untuk mendeteksi masalah sedini mungkin, mencegah komputer terinfeksi.
3. Gunakan Firewall sebagai pertahanan komputer dari serangan malware dan virus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Translate